Denpasar (Antara Bali) - Dinas Pariwisata Kota Denpasar menyelenggarakan lomba kano serangkaian Hari Ulang Tahun Ke-227 Kota Denpasar di Sungai Badung.

Kepala Dinas Pariwisata Denpasar Wayan Gunawan di Denpasar, Rabu mengatakan lomba ini melibatkan masyarakat umum dan warga sekitar bantaran Sungai Badung.

"Selain masyarakat umum, peserta lomba diikuti dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Kota Denpasar," katanya.

Ia mengatakan kegiatan lomba kano tersebut diawali dengan "Gerakan Bersih-Bersih Sepanjang Hilir Sungai Badung pada 22 Februari 2015

"Pada kegiatan bersih-bersih ini dijadwalkan dihadiri Wali Kota Denpasar Rai Mantra. Dan juga melibatkan kalangan pelajar dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di Denpasar," ucapnya.

Gunawan lebih lanjut mengatakan selain pelaksanaan kebersihan, nantinya pada 21 Februari 2015 juga diadakan pergelaran seni dan musik untuk memberikan ruang kepada para seniman untuk berekspresi.

"Panggung untuk berekspresi ini langsung kita hadapkan kearah sungai yang bertujuan agar para seniman musik yang selama ini hanya berekspresi pada tempat-tempat hiburan dan umum akan dapat menarik massanya dan mengarahkan penonton untuk langsung menjaga lingkungan sungai," katanya.

Dengan demikian, kata dia, sehingga diharapkan para pemuda dan pecinta musik akan lebih mudah mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai.

"Kita berharap sosialisasi dan imbauan kebersihan sungai dapat diserap oleh masyarakat secara merata melalui media lomba kano dan pementasan seni musik tersebut, mengingat Denpasar terdapat beberapa aliran sungai yang harus dijaga kelestaraiannya," ucapnya.

Gunawan menambahkan, lomba kano ini nantinya akan di bagi menjadi dua kategori, yakni katagori pelajar atau mahasiswa dan umum. Para peserta yang akan mengikuti lomba agar mendaftar ke Dinas Pariwisata Kota Denpasar di Jalan Majapahit Nomor 1 Lumintang Denpasar.

"Pendaftaran lomba kano sudah dimulai hari ini (4/2) dan pembatasan hingga 250 peserta," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015