Jakarta (Antara Bali) - Partai NasDem menargetkan 50 persen akan memenangkan pemilihan kepala daerah di seluruh kabupaten, kota, dan provinsi di Indonesia pada 2015.

"Perintah saya ke Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai NasDem, kita harus meraih 50 persen dari pilkada yang ada pada tahun ini," kata Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat membuka Rapat Konsolidasi Partai NasDem, di DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta, Rabu.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) telah disahkan menjadi UU oleh DPR. Ada delapan pemilihan gubernur di Indonesia. Untuk tingkat kabupaten/kota terdapat 196 pemilihan bupati/wali kota.

"Paling tidak, realistisnya NasDem bisa menjadi tiga besar dalam ajang pilkada itu," kata Surya.

Ia mengatakan, partainya akan berusaha agar seluruh pilkada yang ada diikuti dan menyodorkan calon dari partai sendiri. Kalau tidak, koalisi merupakan hal yang paling memungkinkan.

"Pilkada harus dimanfaatkan seoptimal mungkin. Kalau tidak, sayang karena niatnya adalah untuk membangun bangsa," jelas Surya.

Tak hanya bertumpu pada kader, NasDem juga membuka kesempatan seluas-luasnya orang di luar partai untuk mencalonkan diri. "Kami namakan program Indonesia Memanggil. Siapa pun yang punya kapasitas dan ekseptabilitas, NasDem akan membuka pintu seluas-luasnya," kata Surya.

Ia menegaskan pemilihan calon kepala daerah tak hanya didasari pada kualitas individu yang baik. Aspek penerimaan masyarakat terhadap tokoh juga sangat diperhitungkan.

"Jika kapasitasnya bagus tapi tak banyak diterima masyarakat, akan menjadi sebuah kegagalan," ujarnya.(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015