Negara (Antara Bali) - PDI P Jembrana mengagendakan penjaringan lanjutan calon ketua DPC setelah Hari Raya Kuningan, meskipun DPD partai tersebut sudah minta nama-nama calon yang muncul.

"Ketua kami menjadwalan penjaringan di tingkat DPC, akan dilakukan setelah Hari Raya Kuningan. DPD PDI P Bali sudah minta berita acara hasil penjaringan di tingkat ranting dan Pengurus Anak Cabang," kata Kepala Sekretariat DPC PDI P Jembrana, Wayan Sudarsana, di Negara, Senin.

Ia mengakui, penjaringan di tingkat DPC agak terlambat, namun tidak bisa dipaksakan karena terbentur Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Menurutnya, setelah penjaringan di DPC tersebut, seluruh nama calon yang muncul akan dikirimkan ke DPD untuk disaring menjadi lima calon.

"Kalau calon yang muncul lebih dari lima orang, akan disaring oleh DPD untuk dikirimkan ke DPP PDI P," ujarnya.

Ia mengatakan, DPD akan mengirimkan lima nama calon, yang setelah melewati verifikasi maupun seleksi dari DPP, akan dikembalikan ke kabupaten sebanyak tiga nama, untuk dipilih sebagai ketua DPC melalui mekanisme musyawarah dalam Konferensi Cabang (Konfercab).

Saat penjaringan di tingkat ranting dan Pengurus Anak Cabang (PAC), ia mengungkapkan, ada delapan nama calon muncul yang merupakan kader-kader terbaik PDI P Jembrana.

"Jumlah delapan calon itu masih sementara, karena bisa saja dalam penjaringan tingkat DPC akan muncul calon baru sebagai tambahan," katanya.

Dengan sistem pemilihan ketua DPC lewat jalan musyawarah, ia berharap, kader partai ini tidak berkonflik saat penjaringan, karena mekanisme ini baru satu tahapan dari beberapa tahapan yang harus dilalui calon.

"Jangan berpersepsi, calon yang mendapatkan dukungan terbanyak saat penjaringan pasti menjadi ketua DPC. Karena seluruh calon harus melewati tahapan selanjutnya, baik di DPD maupun DPP sebelum dikembalikan ke DPC untuk dipilih," katanya.

Ketua DPC PDI P Jembrana, Made Kembang Hartawan saat dikonfirmasi membenarkan, tahapan selanjutnya setelah penjaringan di tingkat ranting dan PAC masih dijadwalkan.

Sebelumnya, Sekretaris DPC PDI P Jembrana, Ketut Sugiasa mengatakan, pemilihan ketua DPC tidak akan melalui voting, tapi lewat jalan musyawarah.

"Kalau dalam musyawarah saat Konfercab tidak ada titik temu, penentuan ketua DPC akan diambilalih oleh DPP partai," katanya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014