Jakarta (Antara Bali) - Wirausahawan muda Indonesia harus memiliki mental tahan banting dan semangat pantang menyerah untuk dapat menjadi seorang wirausahan sukses, kata Board of Trustees Tanoto Foundation Imielda Tanoto di Jakarta, Jumat.

Inilah esensi semangat kemandirian dan pantang menyerah seorang wirausahawan, yang terkadang harus bekerja keras dalam melalui perjalanan bisnis yang naik turun," katanya dalam seminar Tanoto Entrepreneurship Series.

Ia mengatakan bahwa untuk menjadi wirausahawan yang sukses, seseorang juga harus memiliki antusiasme yang tinggi terhadap apa yang menjadi fokus bisnisnya.

Jika kita sudah memiliki passion, kita juga akan selalu bertanya dan mencari tahu apa yang kita tidak tahu. Itu semua adalah proses penjiwaan sebagai seorang wirausaha," katanya.

Jika gagal, lanjut Imielda, wirausahawan semestinya selalu tekun belajar, baik dari kegagalan sendiri maupun pengalaman orang lain.

Dan, yang paling penting adalah melakukan perbaikan agar kesalahan kita tidak terulang lagi," katanya.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Februari 2014, saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia baru mencapai 1,5 persen dari total penduduk secara keseluruhan.

Imielda mengatakan untuk dapat mendukung perekonomian negara secara efisien, setidaknya diperlukan sekitar 2 persen wirausahawan dari total jumlah penduduk.

Kita harus bekerja keras bersama-sama menghasilkan wirausahawan agar dapat menutupi kesenjangan 0,5 persen tersebut atau setara dengan 1,5 juta orang," ujarnya. (MFD)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014