Denpasar (Antara Bali) - Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Bambang Susantono mengatakan maskapai nasional ini terus berupaya mengembangkan pelayanan nasional maupun penerbangan luar negeri.

"Salah satunya penerbangan Garuda Indonesia bekerja sama dengan Air Timor. Langkah ini akan meningkatkan nilai bisnis, baik di Timor Leste maupun di Indonesia," katanya di Dili, Timor Leste di sela-sela penerbangan perdana Garuda ke Dili, Jumat.

Menurut dia, adanya hubungan bilateral tersebut diharapkan juga saling memperlancar lalu lintas udara, sehingga warga Timor Leste akan mendapatkan kemudahan bepergian ke Indonesia atau keluar negeri.

"Penerbangan Garuda yang melayani rute Bandara Internasional Ngurah Rai (Bali), ke Bandara Presidente Nicolau Lobato, Dili pergi pulang setiap hari optimistis akan meningkatkan pendapatan di kedua negara tersebut," ucap mantan Wakil Menteri Perhubungan Kabinet Besatu itu.

Bambang lebih lanjut mengatakan saat ini mobilitas masyarakat dari Bali ke Dili dalam setiap harinya terus meningkat, karena itu pihaknya mendorong penerbangan nasional itu membuka rute ke Dili.

"Dengan penerbangan ini kami yakin kunjungan ke objek wisata di kedua negara (Indonesia dan Timor Leste) akan meningkat. Kami yakin warga Timor Leste mengisi liburannya pasti ke Indonesia," katanya.

Begitu juga wisatawan asing, kata dia, yang ingin bepergian atau berlibur ke Timor Leste pasti akan singgah di Pulau Dewata.

"Kunjungan wisatawan asing saat ini sudah semakin banyak mencari objek wisata yang masih eksotik. Seperti ke Komodo, Labuan Bajo NTT. Dengan dibukanya penerbangan Garuda saat ini kunjungan wisatawan asing terus meningkat," katanya.

Sementara itu, Maria Ernestina Lopes, Directorat National Event and Products Tourism Timor Leste berharap dengan dibukanya penerbangan Garuda kunjungan wisatawan asing meningkat.

"Kami berharap wisatawan asing ke Indonesia tahun lalu mencapai delapan juta orang, minimal tahun ini diharapkan bisa datang sedikitnya dua persen ke bumi Lorosae," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014