Incheon, Korea Selatan (ANTARA News/AFP) - Tim Sepak bola Korea Utara tampil mengesankan dengan mengalahkan Tiongkok 3-0 pada pertandingan pertamanya dalam Asian Games di Korea Selatan, Senin.

Gol dari Sim Hyon-Jin, So Kyong-Jin dan Ri Hyok-Chol membuat perjalanan perdana Korea Utara yang diperkuat 250 atlet untuk melintasi perbatasan yang sensitif cukup mudah.

Penggemar mengibarkan bendera penyatuan Korea berwarna biru dan putih serta bendera Korea Utara. Mereka berdiri dan bertepuk tangan secara langsung untuk menyambut kemenangan pada babak grup di Stadion Incheon.

Korea Utara yang sering kali melakukan serangan atas Tiongkok akhirnya unggul dengan cepat setelah Sim melakukan tendangan melewati kiper Fang Jinqi saat pertandingan baru berjalan 10 menit.

Peluang selanjutnya didapatkan melalui tendangan jarak dekat So Hyok-Uk namun berhasil dibelokkan Fang dan memantul setelah mengenai tiang gawang. Bola yang memantul tiang tersebut di sambar Sim, namun tembakannya melambung tinggi saat Korea selatan menikmati dominasinya atas Tiongkok pada babak pertama.

So Kyong-Jin akhirnya berhasil menggandakan skor pada menit ke 57 saat menerima bola sedikit di luar kotak pinalty, dia memiliki waktu dan ruang untuk mencetak golnya.

Korea Utara mencetak gol ketiganya saat Ri Hyok-Chol berhasil melewati lini pertahanan dan mengecoh Fang.

Penampilan yang hebat oleh Korea Utara di event empat tahunan itu tampaknya akan memuaskan pemimpin negara komunis tersebut yang merupakan fans olahraga Kim Jong-Un.

Kunjungan mereka sangat sensitif, dan penyelenggara Asian Games telah menyingkirkan seluruh bendera nasional dari jalan-jalan di Incheoan karena ditakutkan demonstran anti Pyongyang akan merusak emblem Korea Utara.

Di pertandingan lain, Vietnam mengalahkan Iran 4-1 dan Ferdinand Sinaga mencetak empat gol untuk Indonesia dalam pertandingan melawan Timor Leste yang berakhir 7-0.

Sepak bola adalah kompetisi pertama yang berlangsung di Asian Games Incheon, dekat Seoul. Asian Games sendiri akan dibuka dengan pesta pembukaan secara formal pada hari Jumat. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014