Kuta (Antara Bali) - Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menijau pelaksanaan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, yang melayani penyeberangan Bali-Lombok.

"Kami lihat semua kelaikan prasarana termasuk memeriksa kapal dan awak kapal," katanya saat ditemui di Kuta, Kabupaten Badung, Rabu.

Dalam kunjungannya itu, pihaknya tidak menemukan adanya awak kapal yang positif mengonsumsi narkoba.

Begitu pula dengan kapal penumpang yang melayani angkutan mudik, telah memenuhi kelaikan untuk angkutan penyeberangan.

Selain itu, pihaknya juga mengecek kesiapan operator penyeberangan setempat terkait memberikan pelayanan kepada para pemudik khususnya pemudik sepeda motor.

"Di Pelabuhan Padangbai sudah dilayani dengan baik. Ada jalur khusus motor yang dilengkapi tenda dan itu akan lebih nyaman. Semua diatur dan saya kira semua siap," ucapnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya menekankan kepada operator dan pengelola kapal penumpang untuk selalu mengecek kelaikan dan keamanan kapal, mengingat beberapa waktu lalu satu unit Kapal Penumpang Gelis Rauh yang mengalami kebarakan saat melayani penyeberangan menuju Pelabuhan Lembar, di Selat Lombok.

"Kami minta pengelola pelabuhan, operator pelabuhan dan kantor syahbandar serta pemilik kapal agar memperhatikan semua hal berkaitan dengan keamanan tak hanya mesin tetapi juga kecukupan alat keselamatan dalam kapal," imbaunya.

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai, di Kabupaten Karangasem menyiapkan 27 kapal roro yang akan melayani arus mudik Bali-Lombok menjelang Lebaran.

"Kami siapkan 27 kapal untuk mudik Lebaran," kata Arsil selaku Manajer ASDP Indonesia Ferry Cabang Pelabuhan Padangbai.

Pihaknya juga telah menyiapkan dua unit loket khusus pemudik sepeda motor dan dua loket lagi untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat.

"Dalam keadaan normal kami hanya menggunakan tiga unit loket," imbuhnya.

Sedangkan penyeberangan akan dilayani oleh dua unti dermaga yang sudah siap melayani penyeberangan mudik Lebaran.(WRA) 

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014