Rio de Janeiro (Antara Bali) - Penyerang Jerman Miroslav Klose menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa dengan golnya yang ke-16 yang dibukukan pada semifinal melawan Brazil pada Selasa (Rabu pagi Wita), melewati rekor mantan penyerang Brazil Ronaldo, saat ia mencetak gol pada menit ke-23.

Pemain 36 tahun itu, yang memainkan Piala Dunia keempatnya, telah menyamai rekor 15 gol Ronaldo dengan gol dramatisnya saat Jerman bermain imbang 2-2 dengan Ghana di fase grup sebelum kemudian melampaui rekor itu pada pertandingan di belo Horizonte.

Gol tersebut merupakan gol perdananya di semifinal Piala Dunia, dan dapat diperdebatkan sebagai salah satu gol terpentingnya, yang membuat Jerman unggul 2-0 pada pertandingan empat besar.

Pria rendah hati yang bermain untuk Lazio setelah sebelumnya memperkuat Kaiserslautern, Werder Bremen, dan Bayern Munich itu merupakan penyerang terbaik Jerman di generasinya, yang permainan "fair play" membuat ia banyak dikagumi di kampung halamannya dan di Italia.

Penyerang bersuara halus itu, yang lahir di Polandia dan hampir tidak bisa berbahasa Jerman ketika ia pindah ke Jerman bersama keluarganya sebagai anak-anak berusia delapan tahun pada 1986, merupakan antitesis sifat flamboyan dan lambang dari tim Piala Dunia Jerman yang minim pemain bintang.

Memiliki tinggi 1,82 meter, Klose hampir tidak dapat dikalahkan pada duel udara dan dikenal dengan pengaturan waktunya yang akurat serta kemampuan melompat, yang didapatnya setelah bekerja keras mengembangkan kemampuan itu.

Ia menjadi senjata mematikan yang konsisten di depan gawang pada tiga Piala Dunia terakhir dan mengkontribusikan pemecahan rekornya dengan fakta bahwa ia telah memainkan 23 pertandingan untuk Jerman serta membantu mereka mencapai final satu kali dan semifinal dua kali selama masa tersebut. (Reuters/ADT)

Pewarta:

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014