Foxborough, Amerika Serikat (Antara Bali) - Portugal sungguh kehilangan daya gedornya akibat ketiadaan kapten Cristiano Ronaldo ketika menang 1-0 dari tim sesama peserta Piala Dunia, Meksiko, dalam laga persahabatan di Amerika Serikat Sabtu pagi WIB.

Portugal dicemaskan oleh masalah kebugaran Ronaldo padahal Piala Dunia tinggal enam hari lagi. Setelah bermain imbang 0-0 melawan Yunani akhir pekan lalu, mereka kembali tampil tak bergigi.

Pertandingan ini tampaknya akan berakhir seri tanpa gol sampai kapten cadangan Bruno Alves menciptakan gol pada masa injuri lewat sundulannya yang memastikan kemenangan Portugal yang memang pantas mereka dapatkan.

Pemain sayap Manchester United Nani dan penyerang Eder juga tampil kurang meyakinkan sehingga pelatih Portugal Paulo Bento merenung menjelang pemanasan terakhir Selasa pekan depan melawan Republik Irlandia.

Meksiko, yang memainkan laga persahabatan terakhirnya sebelum bertolak ke Brasil, juga menghadapi masalah.

Mereka mengistirahatkan striker Javier Hernandez setelah gagal bersinar saat kalah 0-1 dari Bosnia Selasa lalu, namun baik Giovani Dos Santos maupun Oribe Peralta tidak cukup meyakinkan bahwa mereka bisa membuat masalah bagi Brasil pada 17 Juni.

Meksiko sempat memasukkan bola pada menit kedua, namun Hector Moreno dinyatakan sudah keburu offside.

Portugal merespons ketika Vieirinha menciptakan tembakan menyasar targetnya yang pertama pada menit 14 namun kiper Meksiko Jesus Corona menghalau bola ke luar gawang.

Selain Ronaldo, Portugal yang akan menghadapi Jerman pada laga pembuka Piala Dunia mereka pada 16 Juni juga kehilangan bek kunci Pepe dan gelandang berpengalaman Raul Meireles karena cedera.

Namun mereka mulai tampil dominan di hadapan 56.000 pendukung di Foxborough yang menjadi markas klub NFL New England Patriots, ketika upaya Eder dimentahkan Corona.

Peluang-peluang mulai tercipta pada babak kedua di mana Corona menjatuhkan diri untuk mementalkan upaya Fabio Coentrao, sedangkan tendangan pemain Meksiko Andres Guardado melebar dari gawang.

Hector Herrera hampir mencipta gol kemenangan bagi Meksiko namun Eduardo membloknya, dan kemudian dimentahkan pemain pengganti Alan Pulido ketika waktu tinggal dua menit lagi, sebelum Alves melakukan intervensinya pada detik-detik terakhir.

Pemain kunci Real Madrid Ronaldo didera cedera paha kiri dan lututnya serta kini absen pada dua laga terakhir yang memunculkan rumor bahwa dia tidak akan bugar kala menghadapi Jerman.

Selain melawan Jerman, Portugal juga akan melawan AS dan Ghana, sedangkan Meksiko akan menghadapi tuan rumah Brasil, Kamerun, dan Kroasia, demikian AFP. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014