Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar mengelar senam yoga bersama jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Lapangan Lumintang yang dimulai pada pukul 06.00 Wita, Jumat.

"Dengan senam yoga diharapkan dapat memadukan olah tubuh dan olah nafas untuk memperlancar peredaran darah sehingga kesehatan menjadi lebih baik," kata instruktur Senam Yoga Asana Seger Oger Ni Ketut Oka Rupadini seusai latihan yoga tersebut.

Dia menambahkan, yoga adalah olahraga yang sangat baik untuk olah tubuh dan pikiran. Terutama untuk peningkatan konsentrasi dalam pengendalian diri, sehingga akan memiliki karakter yang lebih baik dari sebelumnya.

"Tentunya itu akan menunjang pekerjaan dari pegawai di lingkungan SKPD Kota Denpasar agar bisa meningkatkan pelayanan bagi masyarakat," ujarnya.

Peserta senam yoga tersebut masuk ke dalam katagori pemula, sehingga hanya diberikan gerakan dasar yakni Yoga Surya Namaskar sebanyak tiga putaran dan dilanjutkan dengan sikap asana. Gerakan tersebut berfungsi untuk peregangan tulang punggung dan ekor, serta bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti, asam urat, rematik, dan sakit pinggang.

"Untuk itu, gerakan yoga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan tekun agar manfaatnya bisa cepat dirasakan," ungkapnya.

Acara itu juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Rai Iswara.

"Senam Yoga beberapa tahun terakhir ini mulai banyak diminati di kalangan masyarakat kususnya di Kota Denpasar, bahkan sudah menjadi olaraga yang wajib dilakukan oleh sebagian orang," kata Rai Iswara.

Salah seorang peserta Senam Yoga Asana, Gede Purnama mengatakan, senam yoga sangat baik dilakukan pada pagi hari dan manfaatnya langsung dapat dirasakan. "Setelah melakukan senam yoga tubuh terasa segar dan bugar," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014