Denpasar (Antara Bali) - Peminat sepeda motor tipe sport, Bajaj Pulsar 135 LS di Bali dinilai luar biasa, karena dalam tiga bulan sejak diliuncurkan April 2010, sudah terjual lebih dari 3.000 unit.

"Kami melihat potensi pasar di sini luar biasa. Peminatnya terutama kalangan generasi muda," kata Manajer Penjualan dan Pemasaran PT Putra Prima Dewata, Dewa Sunarpa di Denpasar, Minggu.

Di sela uji mengendara (test ride), disebutkan tingginya minat kawula muda terhadap Pulsar LS (light sport) yang berpenampilan menarik, ramping dan lincah, didukung tenaga besar tersebut.

"Itu merupakan pertanda positif bagi PT Bajaj Auto Indonesia selaku pemegang merek untuk terus memasarkan produk-produk sport tersebut di tanah air," ujarnya.

Menurut Dewa Sunarpa, untuk pangsa pasar di Bali, khusus tipe sport penjualan setiap bulannya ditargetkan lima persen estimasi keseluruhan 700 unit.

Disebutkan, hingga saat ini pemasaran masih berkutat di seputar Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Tetapi mulai September 2010 dibuka dealer di tiga kabupaten, Gianyar, Singaraja (Buleleng) dan Tabanan.

"Kami optimistis sepeda motor jenis ini akan mampu menarik animo masyarakat untuk memiliki kendaraan tersebut. Selain harganya terjangkau, juga diberikan garansi mesin hingga tiga tahun," ucapnya.

Begitu juga ketersediaan suku cadang mekanik, kata dia, tidak perlu diragukan lagi, karena alat-alat sepeda motor Pulser 135 CC itu semua tersedia di dealer serta didukung para teknisi handal.

"Di toko dealer kami sudah tersedia 'spart park' motor itu. Apalagi para teknisi kami sudah handal dalam melakukan servis guna mengatasi kemungkinan terjadinya kendala," jelasnya.

Mengenai harga yang ditawarkan untuk Pulsar 135 CC, Dewa Sunarpa mengatakan, kini hanya seharga Rp15,5 juta.

"Skema pembiayaan juga sangat mudah, karena kami bekerja sama dengan perbankan yang bergerak di otomotif, seperti WOM dan SOP," katanya.

Manajer Marketing PT Bajaj Auto Indonesia Rizal Tandju mengatakan, Pulsar sudah sangat lekat dengan segmen motor sport di Indonesia.

Dikatakan, kendaraan itu menggunakan mesin empat katup DTS-i yang menghasilkan tenaga 13,5 HP. Dengan garis tegas dan postur yang agresif, jok terpisah yang sporti, stang jepit dan fitur-fitur lainnya.

"Motor tersebut menghasilkan performa yang setara dengan motor 150 CC. Berat kosong 122 kilogram memberikan rasio tenaga berbanding bobot 110,6 PS/ton," ucapnya.

Dengan kondisi itu, kata Rizal, motor tersebut memiliki keseimbangan optimum serta kelincahan dan kenyamanan bermanuver pada situasi lalu lintas yang padat.

"Dukungan desain dan pilihan warna yang elegan, sehingga motor ini menjadi daya tarik tersendiri untuk merebut segmen pasar kelas sport," katanya.

Target pemasaran motor tersebut secara nasional hingga akhir 2010, lanjut Rizal, mencapai 24.000 unit. Sedangkan target secara internasional yang ditetapkan produsen di India 2,9 juta.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010