Denpasar (Antara Bali) - Mantan pelari maraton nasional Osias Kamlase mengatakan pembinaan atlet lari Bali perlu terus ditingkatkan, sehingga prestasi yang dicapai semakin baik dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Bibit-bibit atlet di Indonesia, khususnya di Bali cukup berpotensi. Tapi perlu penjaringan dan pembinaan secara berkelanjutan," katanya di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan untuk mendapatkan atlet berprestasi di Bali peran pemerintah daerah dan Komite Olahraga Nasional (KONI) harus setiap saat melakukan penjaringan bibit atlet, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga SMA.

"Menurut saya ini akan lebih efektif untuk mendapatkan bibit atlet unggul di Pulau Dewata. Karena itu pemerintah harus semakin sering melakukan kegiatan lomba lari dan sejenisnya, sehingga anak-anak terpacu untuk menyenangi olahraga atlet," kata pria yang beberapa kali meraih juara lari maraton.

Selain itu, kata dia, pihaknya berharap pemerintah memberikan fasilitas olahraga yang memadai ketika dia sudah masuk menjadi atlet unggulan untuk memperkuat daerah dalam setiap kejuaraan nasional.

"Pemerintah daerah harus menganggarkan melalui APBD untuk kegiatan olahraga tersebut. Karena saya melihat anggaran untuk dana olahraga masih kecil dibanding dengan anggaran kegiatan lainnya," ucap pria kelahiran Nusa Tenggara Timur ini.

Ia mengatakan, jika pemerintah daerah tidak bisa mendanai setiap cabang olahraga, jangan berharap pada kegiatan olahraga nasional maupun internasional akan meraih juara.

"Semisal untuk mempertahankan peringkat di PON kontingan Bali saja cukup berat. Apalagi menaikkan peringkat. Sebab daerah-daerah lain setelah menjadi atlet andalan daerah, atlet tersebut diberikan pekerjaan yang layak dan pembinaan secara berkelanjutan," katanya.

Belajar dari pengalaman daerah lain, kata dia, Pemprov Bali ke depan harus memikirkan hal tersebut, sehingga para atlet andalan tidak lari ke daerah lain untuk memperkuat ajang olahraga nasional maupun internasional.

"Pemprov Bali harus mampu belajar dari daerah lain. Atlet andalan harus bisa dipertahankan untuk memperkuat Bali. Karena dari penjaringan hingga menjadi atlet andalan memerlukan proses panjang. Jangan sampai sudah jadi atlet malah diambil daerah lain. Inilah yang harus dipikirkan ke depannya," kata Osias. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014