Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali mendekati Pemprov dan KONI Sumatera Selatan untuk memantapkan langkah merebut peluang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XX/2020.

"Kita sangat berharap menjadi tuan rumah PON karena sekaligus ingin memajukan sektor olahraga yang bisa mendongkrak perkembangan sektor pariwisata dan menyelaraskan bidang olahraga, budaya, serta pariwisata," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, di Denpasar, sesaat setiba dari Sumsel, Senin.

Sudikerta dalam kunjungan ke Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (3/3) pagi memboyong Tim Bidding Bali untuk PON 2020, diantaranya Ketua KONI Bali Ketut Suwandi, Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, Kesra Provinsi Bali Ketut Wija dan Karo Kesra Dewa Putu Beratha. "Tadi kami diterima oleh Wagub Sumsel H Ishak Mekki dan jajaran KONI setempat," ujarnya.

Wagub Sumsel Ishak Mekki menyatakan mengapresiasi semangat Bali untuk menjadi tuan rumah. Sebagai provinsi yang sudah sempat menjadi tuan rumah PON, dia sangat memahami bahwa setiap daerah ingin memajukan bidang olahraganya melalui kegiatan tersebut.

Dia pun tak menyangsikan kesiapan Bali untuk menjadi tuan rumah karena banyak kegiatan internasional telah sukses digelar di Pulau Dewata. Kalau para atlet ditanya, pastinya akan memilih Bali, dan secara pribadi juga demikian Namun demikian, untuk keputusan resmi, pihaknya masih harus melapor ke Gubernur Sumsel.

Pada kesempatan itu, Wagub Sudikerta juga membeberkan kesiapan Bali menjadi tuan rumah PON 2020. Selain kelengkapan "venues", Bali juga sudah siap dengan sarana penunjang seperti akomodasi, transportasi dan konsumsi. Akomodasi misalnya, Bali memiliki hotel bintang lima hingga melati dengan total jumlah kamar mencapai 45 ribu buah.

"Jadi tak perlu membangun wisma atlet yang menelan banyak anggaran. Kalau soal venues, Bali juga sudah cukup memadai. Tinggal stadion utama dan GOR berstandar internasional, kalau tempat cabang olahraga yang lain tinggal poles," ujar Sudikerta.

Untuk memuluskan langkah Bali, pihaknya juga berkomitmen untuk memberi diskon 50 persen untuk hotel dan lokasi pameran gratis bagi provinsi se-Indonesia.

"Terkait dengan kesiapan tersebut, kami tadi mohon dukungan Sumsel untuk memuluskan langkah Bali memenangkan proses penentuan tuan rumah PON 2020," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sudikerta beserta rombongan juga sempat meninjau Stadion Utama Gelora Sriwijaya yang menjadi lokasi utama PON 2004.

Sebelumnya Pemprov Bali juga sudah melakukan kunjungan ke sejumlah provinsi di Pulau Jawa dan Nusa Tenggara untuk menggalang dukungan sebagai tuan rumah PON 2020. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014