Tapanuli Tengah (Antara Bali) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute dari Bandara Dr FL Tobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, tujuan Halim Perdanakusuma Jakarta mulai 15 April 2014 menggunakan pesawat jenis Bombardier.

"Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan dari Bandara Kualanamu Medan ke Bandara Dr FL Tobing Pinangsori, dan berlanjut ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta," kata Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang, di Pandan, Rabu.

Rute penerbangan tersebut, kata dia, akan mempermudah akses menuju kawasan Pantai Barat Sumatera Utara itu, sehingga tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk menjangkau wilayah di Tapanuli Tengah.

Menurut dia, pengajuan untuk pembukaan rute penerbangan dimaksud telah melalui proses pertimbangan yang matang terutama dari pihak maskapai Garuda Indonesia, sehingga perusahaan tersebut diperkirakan mampu memperoleh keuntungan.

Bonaran menyatakan, posisi geografis daerah Tapanuli Tengah sangat strategis dalam menjangkau seluruh daerah kawasan Pantai Barat Sumatera, seperti Kota Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Paluta, Tobasa, Tapanuli Utara, bahkan perbatasan dengan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Rute penerbangan yang baru dibuka itu, lanjut dia, diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi industri pariwisata Tapanuli Tengah, sekaligus mendongkrak kemajuan dunia pariwisata di Sumatera Utara. (M038)

Pewarta: Oleh Juriadi

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014