Singaraja (Antara Bali) - Wakil Kepala Kepolisian Resor Buleleng Komisaris Bima Aria Viyasa mengatakan, fungsi teknis Pembinaan Masyarakat (Binmas), Intelijen Keamanan (Intelkam) dan para Babinkamtibmas di Jajaran Polres Buleleng ditingkatkan kemampuannya dalam menghadapi Pemilu.

"Peningkatan kemampuan fungsi teknis Binmas maupun Intelkam dan para Babinkamtibmas dinilai sangat penting guna mampu mewujudkan Pemilu yang lancar, aman dan damai," kata Komisaris Bima Aria Viyasa usai membuka pelatihan fungsi teknis Binmas, Intelkam dan para Babinkamtibmas di Singaraja, Rabu.

Sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan tersebut menurut Kepala Satuan Binmas Kepolisian Resor Buleleng Ajun Komisaris Wayan Sartika, agar anggota Binmas, termasuk para Babinkamtibmas dan Intelkam dalam pelaksanaan tugas fungsi teknisnya mampu bertindak dengan cermat, benar secara profesional dan proporsional.

"Para Babinkamtibmas sebagai garda terdepan Kepolisian yang bertugas di desa/kelurahan harus mampu memberikan informasi dengan pendekatan kepada masyarakat," ujar Wayan Sartika.

Selain itu mampu bertindak secara preventif ketika menjumpai suatu pelanggaran hukum yang dilakukan oleh warga masyarakat, dan langkah selanjutnya melaporkan kepada Kepolisian Sektor dalam wilayahnya bertugas.

Sebagai contoh misalnya, lanjut dia, di desa/kelurahan tempat Babinkamtibmas itu bertugas ada pelanggaran hukum dalam bentuk permainan judi, wajib hukumnya memberitahu warga yang berjudi.

Kalau sudah diberitahu, warga bersangkutan tetap membandel harus segera dilaporkan ke Kepala Kepolisian Sektor atau langsung ke Kepolisian Resor Buleleng untuk langkah penertiban selanjutnya. (*/DWA)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014