Singaraja (Antara Bali) - Sejumlah penyelam dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Buleleng bersama kelompok nelayan dan Saka Bahari Kwarcab Buleleng kembali melepas terumbu karang sebagai berkembangbiaknya berbagai jenis ikan di perairan laut Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan, Bali utara.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buleleng Nyoman Sutrisna di Singaraja, Jumat mengatakan, sebanyak 20 unit terumbu karang dilepas di tengah laut dengan harapan mampu memacu perkembangan terumbu karang dan populasi ikan.

Ia mengatakan, penempatan terumbu karang itu merupakan rangkaian terakhir dalam upaya konservasi terumbu karang di Buleleng timur.

Upaya itu tetap memerlukan pengawasan dari pihak-pihak terkait, sehingga keberadaan terumbu karang mampu berkembang, ujar Sutrisna.

Terumbu karang itu ditempatkan di dasar laut dengan kedalaman 10-20 meter, dilakukan serangkaian penerimaan anggota baru Saka Bahari sekaligus Upacara Penyematan Brevert Menyelam kepada peserta pelatihan menyelam yang melibatkan 20 pramuka saka bahari Buleleng. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013