Denpasar (Antara Bali) - Tim penilai puskesmas dari jajaran Pemprov Bali menilai kinerja pengelolaan Puskesmas II Denpasar Selatan sebagai bagian persiapan akreditasi mutu pelayanan kesehatan.

"Akreditasi ini akan dilaksanakan pada 2014 untuk semua puskesmas. Bila telah menerapkan ISO dalam standar pelayanan, tentu pelaksanaan akreditasi lebih mudah," ujar Ketua Tim Penilai Provinsi Bali dr Laksmi Wati, di Denpasar, Jumat.

Pihaknya mengapresiasi, untuk di Bali sendiri baru puskesmas di Kota Denpasar yang menerapkan standar mutu pelyanan ISO 9001:2008, dan salah satunya dilaksanakan di Puskesmas II Densel.

Ia mengemukakan, indikator penilaian puskesmas meliputi manajemen pengelolaan mulai dari perencanaan, pelaksanaannya dan evaluasi. Disamping itu, juga dinilai dari sisi program yang dilaksanakan terutama dalam inovasi-inovasi yang dilakukan terutama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Peningkatan derajat kesehatan yang dilihat dari angka kematian ibu, kematian bayi dan harapan hidup juga menjadi indikator penilaian," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutannya mengatakan dalam pembangungan sekarang kemanfaatan masyarakat harus dibangun sepunuhnya.

"Semua ini telah dipahami oleh semua jajaran di Pemerintah Kota Denpasar. Untuk masalah kesehatan pelayanan pertama di puskesmas memang harus terus ditingkatkan kinerjanya," katanya.

Tim penilai, pada kesempatan itu dapat melihat langsung kinerja mereka kepada masyarakat dengan parameter pelayanan yang telah menerapkan ISO 9001;2008.

"Semua pelayanan publik di Kota Denpasar memang harus menerapkan ISO tersebut. Paling penting menjadi ukuran suatu pelayanan karena lebih mudah melihat tingkat kinerja pelayanan," katanya.

Sedangkan Kepala Puskesmas II Denpasar Selatan dr AA Ayu Candrawati mengatakan rata-rata pasien puskesmas II Denpasar Selatan mencapai 116 orang per hari. "Dengan pelaksanaan ISO ini standar pelayanan dapat diukur dengan jelas," ujarnya.

Candrawati pada kesempatan itu juga menguraikan berbagai prestasi yang telah diraih Puskesmas II Denpasar Selatan mulai dari tingkat kota, provinsi sampai nasional. "Prestasi baru-baru ini yang dicapai yakni implementasi terbaik ISO tingkat nasional," katanya. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013