Rahasia Awet Muda Presiden Vladimir Putin

Selasa, 6 Agustus 2013 7:08 WIB

Moscow (Antara Bali) - Rahasia kebugaran fisik dan penampilan awet muda Presiden Rusia Vladimir Putin adalah ramuan herbal serta rutin berenang untuk mengatasi stress, demikian menurut dokternya pada Senin (5/8).

Menurut dokter utama Kremlin, Sergei Mironov, kepada majalah mingguan Rusia, Itogui, Putin terlihat jauh lebih muda dari usianya terutama karena tokoh berusia 60 tahun itu bersikap "skeptis terhadap obat ".

Orang kuat Rusia itu, kata Mironov, "memilih ramuan nenek yang terdiri atas teh dengan madu, sauna atau pijat" serta teratur berenang dan tidur cukup untuk membuatnya tetap terlihat muda.

Meski Presiden terbang "lebih sering dari rata-rata jam terbang pilot", dia berusaha tidur saat terbang, tambah Mironov.

Kendati beredar rumor tentang kesehatannya yang memburuk dan dugaan dia melakukan operasi plastik, tokoh kuat Rusia itu dikenal oleh foto-foto yang menampilkan sisi atletisnya, yang terbaru foto aksinya memancing di Siberia.

"Ini adalah kebiasaan di Rusia untuk membagi cerita tentang kesehatan pejabat tertinggi kami," kata dokter itu seperti dilansir AFP.

"Saya tidak melihat alasan untuk menjaga hal semacam ini rahasia, meskipun tentu saja kita tetap mengingat kerahasiaan antara pasien dokter."

Pada akhir 2012, rumor berkembang di media tentang cedera punggung berkelanjutan selama aksi paralayang yang memaksa Putin melewatkan pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa.

Juru bicaranya Dmitri Peskov mengatakan bahwa meskipun presiden memang memiliki cedera masa lalu karena olahraga, hal itu tidak mengganggu kemampuannya untuk melaksanakan tugas.

Dan pada tahun 2010, penampilan Putin dengan mata hitam yang ditutupi dengan riasan menimbulkan spekulasi media bahwa ia telah menjalani operasi plastik untuk mendapatkan penampilan yang lebih muda. (WRA)

Pewarta:

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013

Terkait

Ani Yudhoyono Tinggalkan RSPAD

Minggu, 18 Maret 2012 11:56

Kondisi Ani Yudhoyono Membaik

Sabtu, 17 Maret 2012 15:28

Ibu Negara Jalani Operasi

Jumat, 16 Maret 2012 16:24

Ani Yudhoyono Jalani Operasi Kandung Empedu

Kamis, 15 Maret 2012 21:50

Kesehatan Ani Yudhoyono Dipaparkan

Kamis, 15 Maret 2012 19:41

Tiga kepala negara absen hadiri KTT G20

Minggu, 13 November 2022 5:44
Terpopuler