Singaraja (Antara Bali) - Model pembangunan bandar udara baru di Desa Sumberkima, Kabupaten Buleleng, dirancang dengan menggunakan dua landasan pacu (runway).

"Untuk yang lain masih dalam kajian. Namun yang pasti bandara itu nantinya dua `runway`," kata Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Provinsi Bali Ida Bagus Puja Astawa di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Kamis.

Ia bersama tim kecil Pemprov Bali mengunjungi lokasi pembangunan bandara itu di Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, dengan didampingi Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Tim kecil itu meninjau lokasi untuk kemudian hasilnya dilaporkan kepada Gubernur Bali Made Mangku Pastika. Mereka tidak hanya mendatangi lokasi, melainkan juga melihat dari udara lokasi bakal bandara tersebut dengan menggunakan pesawat terbang milik Bali International Flight Academy (BIFA).

Berdasarkan hasil skoring Kementerian Perhubungan, Desa Sumberkima ditetapkan sebagai lokasi bandara baru di Bali menyisihkan lokasi alternatif lainnya di Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Di Desa Sumberkima sudah ada Lapangan Terbang Letkol Wisnu yang selama ini dikontrak oleh BIFA untuk pendidikan dan pelatihan para calon pilot di sekolah itu. (M038)

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013