Denpasar (Antara Bali) - Panitia Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXV di Denpasar pada 15 Juni-13 Juli 2013 mewadahi para penggemar fotografi melalui lomba yang diselenggarakan Perhimpunan Fotografer Bali untuk memperebutkan trofi Cilinaya.

"Sampai saat ini sudah ada 160 peserta yang telah mengirimkan 250 foto," kata Ida Bagus Putu Andi Sucirta dari PFB di Denpasar, Minggu.

Pihaknya memperkirakan jumlah foto yang dikirimkan oleh peserta akan lebih banyak lagi, mengingat lomba tersebut ditutup pada 20 Juli 2013.

Lomba tersebut terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya. Para peserta dapat mengirimkan hasil karya fotonya dengan objek pementasan seni dan semua kegiatan yang berkaitan dengan PKB melalui website www.baliphotoawards.com.

Setiap peserta dapat mengirimkan foto hasil bidikannya ke alamat web tersebut maksimal 10 foto. Pihak panitia tidak memberikan hadiah dalam bentuk uang melainkan trofi dan ruang apresiasi bagi fotografer agar hasil karyanya dikenal luas.

"Ajang ini merupakan yang pertama kali kami gelar selama pelaksanaan PKB," kata Andi Sucirta yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter umum itu.

Ia berharap ajang tersebut bisa menjadi batu lompatan untuk hal yang lebih besar dalam pelaksanaan PKB pada tahun-tahun berikutnya. "Kami pun akan merencanakannya secara reguler dengan tema yang berbeda setiap tahunnya. Kami juga memikirkan kegiatan pendamping seperti workshop, pameran foto, dan publikasi buku," katanya.

Andi Sucirta menambahkan bahwa Bali Photografer Awards dikonsep oleh pelaku fotografi untuk fotografi dan masyarakat. "Kami menyadari pada pelaksanaannya yang pertama ini masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Saran dan masukan masyarakat sangat kami harapkan," katanya. (*)

Pewarta: Oleh Putu Dian

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013