Nusa Dua (Antara Bali) - Produksi perikanan Bali masih melebihi dari kebutuhan atas bahan pangan tersebut di Pulau Dewata karena tingkat konsumsi ikan masyarakat setempat masih cukup rendah.

"Persediaan pangan hasil kelautan dan perikanan di daerah ini sangat berlimpah akibat tingkat kebutuhannya masih rendah," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali I Made Gunaja, di Nusa Dua, Selasa.

Usai menghadiri Asia Conference on Oceans, Food Security and Blue Growth (ACOFB), dia menambahkan, rendahnya kebutuhan tersebut dipengaruhi oleh tingkat konsumsi ikan masyarakat.

Rata-rata tingkat konsumsi ikan di Pulau Dewata saat ini masih 30 kilogram per kapita dan jumlah itu masih sangatlah jauh. "Bayangkan negara lain seperti Jepang tingkat konsumsi ikannya mencapai 400 kilogram per kapita," ujarnya.

Tingkat konsumsi ikan yang masih rendah itu dipengaruhi kegemaran masyarakat untuk memakan produk perikanan tersebut. Oleh karena itu pihaknya akan terus meningkatkan.
     
Hal ini untuk mengimbangi produksi perikanan di Pulau Dewata yang berlimbah, tercatat pada 2012 sekitar 237 ribu ton. (IGT)

Pewarta: Oleh IGK Agung W

Editor : I Gusti Ketut Agung Wijaya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013