Bukittinggi (Antara Bali) - Indonesia berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 jika mendapat dukungan pemerintah dalam mengupayakan cita-cita itu, kata Ketua Masyarakat Sepak Bola Indonesia Sarman El Hakim.

"Saat ini hanya dibutuhkan peran pemerintah dalam mengujudkan cita-cita tersebut, karena perhitungan dukungan suara yang sudah dilakukan FIFA World Cup 2022, Indonesia telah mendapat 14 suara," katanya di Bukittinggi, Kamis.

Menurut dia, perhitungan dukungan suara dilakukan FIFA World Cup 2022, Indonesia (14 suara) USA (tiga suara), Australia (dua suara), Jepang (satu suara), Korea Selatan (satu suara), Qatar (tidak mendapat suara) dan tak memilih (tiga suara).

Dia menjelaskan, Jepang dan Korea Selatan tidak memungkinkan berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dengan alasan telah pernah menjadi tuan rumah pada 2002.

Sedangkan kata dia, Australia tidak memungkinkan berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 karena negara tersebut tak menginginkan olah raga "Rugby" yang menjadi olah raga budaya mereka hilang.

Sementara dengan Negara Qatar, dia menyebutkan, peluang tidak mungkin jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dengan alasan akan terjadinya kerugian besar dalam biro perjalanan dunia serta budaya tertutup negara tersebut akan hilang.

Dari beberapa alasan tersebut menurut dia, Indonesia sangat berpeluang menjadi tuan rumah pada 2022 jika pemerintah Indonesia mendukungnya. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Hamriadi

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013