Yogyakarta (Antara Bali) - Unit Pelaksana Teknis Malioboro melengkapi sejumlah fasilitas umum di kawasan utama wisata Kota Yogyakarta tersebut menjelang libur panjang sekolah untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

"Pada dasarnya, persiapan yang dilakukan sama seperti tahun lalu. Namun, dari hasil evaluasi pada libur panjang sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki seperti ketersediaan toilet, kebersihan kawasan, dan pelayanan wisatawan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh di Yogyakarta, Minggu.

Khusus untuk penambahan toilet, lanjutnya, sudah ada koordinasi dengan Pemerintah DIY untuk menambah jumlah toilet yang mudah dibawa (portable) di kawasan tersebut sebanyak tiga hingga enam unit.

Namun demikian, UPT Malioboro belum bisa memastikan lokasi penempatan toilet tersebut karena perlu ada koordinasi dengan Pemerintah DIY.

Di sepanjang kawasan Malioboro, sudah ada sejumlah toilet umum yang disediakan pemerintah yang berfungsi baik dan bisa dimanfaatkan  wisatawan meskipun dari segi bentuk tidak terlalu bagus.

Syarif menyebutkan, libur panjang akhir pekan bertepatan dengan perayaan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW akan menjadi awal kepadatan di Malioboro hingga libur panjang sekolah berakhir. (*/ADT)

Pewarta: Oleh Eka Arifa Rusqiyati

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013