Bantul (Antara Bali) - Perayaan Peh Cun yang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa Yogyakarta akan digelar di objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 9 dan 12 Juni 2013.

"Perayaan Peh Cun masyarakat Tionghoa Yogyakarta di Parangtritis ini telah terselenggara selama 12 tahun berturut-turut sejak 2000 sampai 2012, kecuali 2006 karena gempa DIY," kata Ketua Panitia Pelaksana Peh Cun 2013 Muwardi Gunawan, Jumat.

Saat beraudiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul di ruang kerja Bupati Bantul, ia mengatakan perayaan ini merupakan upacara ritual sebagai ucapan syukur untuk hari yang penuh rahmat dan menjadi tradisi yang dirayakan bangsa Tionghoa.

Pada 2013 perayaan Peh Cun yang digelar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul dan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY ini jatuh pada 12 Juni atau tahun Imlek tanggal 5 Go Gwee 2564.

Menurut dia, perayaan Peh Cun 2013 akan dimeriahkan lomba Dayung Perahu Naga di Bendung Tegal Kecamatan Imogiri pada 9 Juni dam Festival Barongsai Yogyakarta di kawasan objek wisata Pantai Parangtritis.

"Pada perayaan kali ini kami akan menampilkan sesuatu yang lain yakni Festival Barongsai Yogyakarta yang tidak pernah diselenggarakan pada perayaan sebelumnya. Dan diharapkan menjadi ikon dalam setiap perayaan Peh Cun," katanya. (LHS)

Pewarta: Oleh: Heri Sidik

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013