Sleman (Antara Bali) - Tari kolosal "Greget Trengginas" yang dibawakan 94 penari memeriahkan puncak acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 97 yang akan digelar di kawasan Lapangan Denggung Sleman pada Rabu 15 Mei 2013.

"Di samping kirab budaya, acara akbar kebanggaan masyarakat Sleman tersebut juga akan disuguhkan sebuah repertoar tari kolosal bertajuk "Greget Trengginas" yang diperagakan 94 orang penari," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Untoro Budiharjo, Senin.

Menurut dia, repertoar tari "Greget Trengginas" menggambarkan semangat dan harapan yang tinggi untuk bangkit dan menapaki kehidupan masa depan yang lebih gemilang.

"Tarian tersebut merupakan penggambaran kondisi sosial ekonomi warga masyarakat Sleman khususnya di lereng Gunung Merapi yang pada 2010 mengalami keterpurukan akibat bencana erupsi," katanya.

Ia mengatakan, sedangkan untuk kirab bregada (pasukan tradisional) yang memeriahkan puncak acara Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 97 tahun 2013 tersebut ada empat titik start yang dimulai pada pukul 14.15 WIB.

"Titik start tersebut yakni dari Padukuhan Pajangan Pandowoharjo, Rumah Makan Pringsewu, Stadion Tridadi dan Rumah Dinas Wakil Bupati Sleman," katanya. (LHS)

Pewarta: Oleh: Victorianus Sat Pranyoto

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013