Denpasar (Antara Bali) - Kota Denpasar akan menjadi daerah proyek percontohan pertama di Tanah Air penerapan aplikasi internet pendidikan sekolah (IPS) yang dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

"Sistem aplikasi itu untuk memantau pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di seluruh sekolah negeri di Denpasar," kata General Manager Witel Bali Selatan Ketut Budi Utama, di Denpasar, Rabu.

Aplikasi IPS tersebut akan membantu dan mempermudah sekolah menggunakan dana BOS tanpa harus melapor ke pihak regulator.  

Hal itu karena sekolah disiapkan sistem khusus sehingga setiap dana yang digunakan bisa dimasukkan dalam aplikasi tersebut. Laporan penggunaan dalam aplikasi itu bisa langsung dipantau oleh instansi terkait. "Kami sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Denpasar untuk pemanfaatan aplikasi IPS oleh sekolah di daerah tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan, aplikasi itu rencananya akan mulai diluncurkan di seluruh sekolah negeri untuk jenjang SD-SMP di ibu kota Provinsi Bali, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Selain itu pada tahun ini diluncurkan juga portal informasi ujian online untuk seluruh sekolah di Denpasar. Portal tersebut adalah bagian dari aplikasi IPS yang diharapkan dapat memudahkan siswa didik dan orang tua mengakses hasil kelulusan.

"Nantinya para siswa atau orang tua murid dapat mengakses nilai ujian melalui portal yang disediakan khusus dan dimanfaatkan oleh sekolah. Tujuan dari pengembangan aplikasi itu adalah untuk meningkatkan pemanfaatan akses speedy oleh dunia pendidikan," ujarnya. (IGT)  

Pewarta: Oleh IGK Agung W

Editor : I Gusti Ketut Agung Wijaya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013