Singaraja (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika mendorong Singaraja, Kabupaten Buleleng, sebagai kota pendidikan dengan mempertimbangkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Pengembangan Singaraja sebagai kota pendidikan agar betul-betul mempertimbangkan daya dukung kelestarian alam dan lingkungan RTRW yang mengacu pada falsafah Tri Hita Karana," katanya pada peringatan HUT ke-409 Kota Singaraja, Sabtu.

Untuk mewujudkan hal itu, Gubernur juga meminta pihak Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai perguruan tinggi negeri di Bali utara itu segera merealisasikan pendirian Fakultas Kedokteran

Ia juga mendorong Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk segera merealisasikan Sekolah Menengah Ilmu Perikanan dan Kelautan serta pengembangan SMA Negeri Bali Mandara.

"Kami juga akan berupaya mendorong pembangunan infratruktur strategis sebagai bagian dari upaya mempercepat pembangunan Bali utara," kata Gubernur asal Buleleng itu.

Pembangunan infrastruktur itu di antaranya bandar udara yang direncanakan dibangun di Kubutambahan, revitalisasi pelabuhan Celukan Bawang, pembangunan jalan pintas yang menghubungkan kawasan selatan dan utara Bali.

"Program infrastruktur ini tidak akan berhasil tanpa dukungan penuh dari Bupati Buleleng," kata Pastika dalam memberikan sambutan di Taman Kota Singaraja itu.

Pada upacara Hari Jadi Kota Singaraja, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menerima "kado" dari Kepala Arsip Nasional M Asichin berupa buku berjudul "Citra Daerah Kabupaten Buleleng dalam Arsip".

Menurut Bupati, peringatan hari jadi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena lebih banyak menampilkan kegiatan yang bernuansa budaya dan kesenian yang dikemas melalui beberapa lomba dengan melibatkan masyarakat setempat. (MDE/M038)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013