Bogor (Antara Bali) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor menemukan 49 individu Rafflesia patma Blume di kawasan Cagar Alam Bojonglarang, Jayati, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Penemuan 49 individu Rafflesia patma Blume ini dari hasil Ekspedisi Rafflesia ke-7 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosiwata (HIMAKOVA) Fakultas Kehutanan IPB," kata Ketua HIMAKOVA IPB Adlan Yusran melalui siaran persnya, Senin.
    
Adlan menjelaskan bahwa kegiatan ekspedisi Rafflesia dilaksanakan pada tanggal 23 Januari sampai dengan 1 Februari 2013, diikuti sekitar 100 orang mahasiswa HIMAKOVA Fakultas Kehutanan IPB.

Salah satu kelompok atau tim dari ekspedisi tersebut yakni Kelompok Pemerhati Flora "Rafflesia" menemukan spesies Rafflesia patma Blume di lokasi tersebut.

"Penemuan Rafflesia patma Blume pada ekspedisi ini pertama kali pada tanggal 28 januari 2013 di plot pengamatan sungai Cikawung oleh tim ekspedisi Kelompok Pemerhati Flora Rafflesia yang berada di camp lapangan," katanya.

Lebih lanjut Adlan menjelaskan jumlah individu Rafflesia Patma Blume yang ditemukan sebanyak tiga individu dalam kondisi membusuk.
     
Penemuan tersebut dilakukan secara tidak sengaja ketika tim ekspedisi melakukan analisis habitat untuk spesies Tetrastigma lanceolarium Planch di sekitar muara Sungai Cikawung.
     
"Lokasi penemuan di dekat muara Sungai Cikawung merupakan yang pertama kali dilakukan, karena dari penuturan polisi hutan setempat Rafflesia Patma Blume biasanya ditemukan di daerah lereng antara sungai Cikawung dan Cisela," katanya. (*/DWA)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013