Denpasar (Antara Bali) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyatakan bahwa Badai Rusty masih akan mempengaruhi kondisi cuaca di Bali selama tiga hari ke depan meskipun siklon tropis itu mulai melemah.

"Siklon Rusty sudah mulai melemah namun kami perkirakan tiga hari ke depan masih akan dirasakan di Bali," kata Kepala Sub-Direktorat Pelayanan Jasa BMKG Wilayah III Denpasar, Nyoman Suarsa dihubungi dari Denpasar, Senin.

Menurut dia, saat ini siklon tropis itu mulai mengarah ke selatan Pulau Dewata yakni ke Samudera Hindia dan Australia dengan kecepatan yang cukup lambat yakni sekitar 3 knots/jam.

Lambatnya pergerakan arah badai itu mengakibatkan cuaca buruk masih akan dirasakan hingga tiga hari ke depan. Untuk itu pihaknya telah mengimbau ASDP Padangbai dan Gilimanuk karena mempengaruhi kecepatan angin, tinggi gelombang laut, yang disertai hujan ringan hingga sedang.

Dari pantauan BMKG, lanjut Suarsa, tinggi gelombang di perairan selatan Bali mencapai lebih dari 3 meter sedangkan di utara Pulau Dewata lebih dari 2 meter. Sementara itu, tinggi gelombang laut di Selat Lombok sebelah utara mencapai lebih dari 4 meter, sedangkan di sebelah selatan Selat Lombok berkisar 1 hingga 5 meter.

Suarsa menambahkan tinggi gelombang di perairan Selat Bali berkisar 1,5 meter hingga 3 meter. Sedangkan kecepatan angin rata-rata 10-45 km/jam atau setara dengan 25 knots. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013