Palu (Antara Bali) - Mantan Kapolres Banggai AKBP Adrianto Jossy Kusumo tidak menghadiri upacara serah terima jabatan Kapolres baru di Mapolda Sulawesi Tengah, Sabtu, dan tidak memberikan laporan mengenai alasan ketidakhadirannya.

"Saya akan mengecek mengapa dia tidak hadir, apakah sakit, sengaja atau ada halangan lain," kata Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana usai upacara serah terima jabatan Wakapolda, sejumlah direktur dan kepala biro di Polda serta empat Kapolres se-Sulteng di Palu, Sabtu.

Menurut dia, undangan menghadiri upacara sertijab seperti itu adalah perintah dinas yang harus ditaati anggota Polri. "Yang jelas ada sanksinya, tapi kita cek dulu alasannya mengapa tidak datang," katanya.

Dia mengatakan akan ada tim khusus untuk memeriksa Jossy Kusumo atas ketidakhadirannya dalam sertijab tersebut serta dugaan adanya pelanggaran-pelanggaran lainnya.

AKBP Jossy Kusumo dilantik menjadi Kapolres Banggai pada pertengahan Desember 2012. Penggantiannya terkesan mendadak diduga terkait insiden penembakan warga sipil menyusul penganiayaan warga oleh oknum anggota Polres yang sedang berjalan bersama Jossy Kusumo pada 2 Februari 2013.

Di rumah jabatan Kapolres Banggai sendiri dalam beberapa hari terakhir dipadati anggota Polri dan masyarakat yang bersimpati terhadap kepemimpinan Jossy Kusumo, bahkan sejumlah anggota Polri dan anggota bhyangkari menginap di rumah jabatan tersebut.

Ada pula warga yang berdemo di Mapolres menolak Kapolres baru dan mengancam akan menarik lahan yang telah dihibahkan kepada kepolisian dan kini dijadikan lokasi membangun Mapolres Banggai sebagai protes penggantian Yossi tersebut.

Jossy Kusumo dianggap berhasil memberantas mafia penjualan BBM ilegal, perjudian dan premanisme di Kabupaten Banggai dalam waktu kurang dari tiga bulan. "Selama ini kami, warga Banggai, kerap mengantre di SPBU guna membeli premium atau solar. Hal seperti itu kini tidak ada lagi berkat Pak Jossy," demikian orasi warga di Luwuk. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013