Jakarta (Antara Bali) - Indonesia berpeluang menambah jumlah turis asal Jerman setelah negeri ini dipastikan menjadi negara mitra dalam pameran pariwisata antarnegara (International Tourism Bourse) 5 Maret 2013 di Berlin, kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

"Sebagai mitra dalam pameran ITB Berlin diharapkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia dapat meningkat, apalagi jumlah turis dari negara itu dari tahun ke tahun naik," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Gedung Pancasila, Kantor Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Senin.

Berdasarkan data per Januari-November 2012, jumlah wisatawan Jerman yang mengunjungi Indonesia tercatat sebesar 143.316 orang atau meningkat dari periode yang sama tahun 2011 dengan 132.820 pengunjung.

Sedangkan jumlah total wisatawan asing yang masuk ke Indonesia per Januari-November 2012 sebanyak 7.277.496 orang atau meningkat dibanding periode sebelumnya 6.925.192 orang.

Menlu juga mengonfirmasi bahwa Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono akan menghadiri pameran pariwisata ITB Berlin tersebut. "Pak SBY telah menerima undangan dari Presiden Jerman Joachim Gauck untuk berkunjung ke negaranya," kata Menlu RI.

Kepala Negara Indonesia juga akan membahas berbagai perkembangan pascakunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke Indonesia berikut tindak lanjut Deklarasi Jakarta. "Deklarasi yang diluncurkan pada 10 Juli 2012 menjadi kesepakatan strategis bilateral, regional dan global kedua negara," kata Marty seusai berbicara dengan Menlu Jerman Guido Westerwelle. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013