Denpasar (Antara Bali) - Kepolisian Daerah Bali mulai memperkuat kesiapan personel dan peralatan jajarannya yang dimulai oleh Satuan Brimob menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2013 mendatang.
     
"Kita tidak bisa bicara APEC yang digelar Oktober, tetapi baru siap bulan September, nanti bisa didahului oleh musuh. Mulai sekarang kita persiapkan," kata Kapolda Bali Inspektur Jenderal Polisi Arif Wachyunadi usai Apel Gelar Personel dan Peralatan dalam rangka konsolidasi Satuan Brimob Polda Bali di Pulau Serangan, Denpasar, Senin.
     
Satuan Brimob yang terdiri dari lima fungsi utama yakni Satuan Perlawanan Teror, Polisi Huru-Hara, Tim Search and Rescue, Penjinak Bom, dan Intel Brimob mengawali gelar personel dan peralatan itu.
     
Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu mengecek satu persatu kesiapan peralatan mulai dari kendaraan dan senjata serta menguji kesiapan personel Brimob.
     
Menurut dia, kesiapan tersebut tak hanya menjelang APEC yang rencananya akan dihadiri 21 negara dan ribuan delegasi tetapi juga untuk beberapa kegiatan penting lainnya seperti pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang berlangsung pada Mei 2013 mendatang.
     
Sebelumnya sebut Arif, pihaknya sejak bulan Januari 2013 telah melakukan orientasi di satuan kerja dan wilayah Polda Bali termasuk obervasi, pengenalan geogradi dan demografi.
     
Rencananya beberapa satuan lain di jajaran Polda Bali akan melakukan apel secara bergiliran hingga nantinya dibuatkan rencana operasi pengamanan APEC yang akan dipaparkan pada Mei kepada Mabes Polri. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013