Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Bali, menggencarkan Gerakan Badung Sehat untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tahun 2023.

"Gerakan Badung Sehat ini mengikuti program Kementerian Kesehatan yaitu Gerakan Masyarakat Sehat sehingga sifatnya menyeluruh," ujar Kepala Dinas Kesehatan Badung Made Padma Puspita di Taman Mumbul Desa Sangeh, Badung, Jumat.

Dalam gerakan itu, kata dia, Desa Sangeh menjadi sasaran dari langkah awal pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat di Badung yang nantinya akan berlanjut ke desa maupun kecamatan lainnya.

"Jadi, Gerakan Masyarakat Sehat kami lakukan menyeluruh melalui pola hidup bersih dan sehat di masyarakat yang hari ini kami canangkan," kata dia.

Baca juga: Dinkes Badung Ajukan Pengkajian Vaksinasi DBD

Made Padma Puspita menjelaskan terdapat serangkaian pelaksanaan inovasi layanan kesehatan di antaranya Pesbuker atau Pemeriksaan Kebugaran dan Kesehatan Rakyat, U-ManBer atau UHN + Manfaat Tambahan Berkesinambungan.

Program lainnya yang dilakukan adalah Garber atau Gerakan Badung Sehat pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (Garbasari) Berkesinambungan, DoBrak atau Door to Door Bersama Bergerak, layanan MakBar atau Masak dan Makan Bareng, program YankesBer atau Layanan Kesehatan Berkualitas, serta NoBar atau Nonton Bareng.

"Kegiatan ini dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat seperti PKK Desa, lansia, ibu hamil, pelajar serta tokoh masyarakat yang juga diisi dengan hiburan drama tari cak tentang pencegahan HIV AIDS pada remaja dan drama monolog dari Himpunan Remaja Peduli AIDS dan Narkoba," kata dia.

Baca juga: Dinkes Badung Dorong Peran Jumantik Cegah DBD

Ia menambahkan bahwa adanya Gerakan Badung Sehat diharapkan dapat memudahkan masyarakat Badung dalam mendapat layanan kesehatan yang bermutu serta dapat terlayani dengan baik.

Menurut dia, pada tahun 2023 sudah ada dua rumah sakit yang dibangun di Badung, yakni di Kecamatan Abiansemal dan Kecamatan Petang agar masyarakat setempat dapat memperoleh aksesbilitas pelayanan kesehatan.

"Jadi, masyarakat kami akan mudah mendapat suatu layanan terkait dengan layanan kesehatan. Oleh karena itu, nantinya kami akan melaksanakan Gerakan Badung Sehat ini di kecamatan-kecamatan lainnya," kata Made Padma Puspita.
 

Pewarta: Rolandus Nampu/Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023