Denpasar (Antara Bali) - Trafik layanan komunikasi Telkomsel selama musim libur pergantian Tahun Baru 2013 mengalami peningkatan yang signifikan khususnya untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara (Bali Nusra), yakni sebesar 26,19 persen dibandingkan hari biasa.

"Penggunaan layanan data pada saat pergantian tahun itu untuk wilayah tersebut meningkat 26,19 persen menjadi 7,547 terabyte dibandingkan dengan kondisi normal sebelumnya sebesar 5,981 terabyte per hari," kata Head of ICT Network Management Telkomsel Regional Bali Nusra Ganot Sunoto di Denpasar, Jumat.

Lonjakan trafik layanan data tertinggi di Bali terjadi di kawasan Lovina, Kabupaten Buleleng, sebesar 576 persen. Sementara untuk Nusa Tenggara Barat (NTB), Gili Trawangan menjadi wilayah dengan kenaikan trafik tertinggi untuk layanan data sebesar lebih dari 364 persen.

Sedangkan Katedral Ruteng menjadi wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengalami peningkatan trafik layanan data tertinggi dengan 59 persen. Kendati tren trafik layanan data terus mengalami peningkatan, layanan SMS pun masih menjadi favorit pelanggan Telkomsel yang berada di Bali Nusra untuk mengucapkan “Selamat Tahun Baru”.

Terbukti trafik layanan SMS mengalami peningkatan sebesar 31 persen dibandingkan trafik pada hari normal, dari sekitar 42,7 juta SMS setiap harinya menjadi hampir 56 juta SMS pada Tahun Baru 2013.

Sejalan dengan tingginya pemakaian layanan data dan SMS, trafik layanan suara di Bali Nusra juga mengalami peningkatan pada periode pergantian tahun. Trafik layanan suara meningkat 11,71 persen dari 950.188 erlang setiap harinya menjadi lebih dari 1,061 juta erlang pada awal tahun 2013.

"Kami bersyukur langkah antisipasi yang kami lakukan dalam memperkuat jaringan sejak sebelum periode Natal telah direspon dengan baik oleh pelanggan selama periode pergantian tahun," ucapnya.

Konsumsi layanan data Telkomsel di wilayah Bali Nusra pada 2012 meningkat lebih dari 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dan masyarakat dalam memanfaatkan beragam inovasi produk dan layanan seluler sesuai kebutuhan. Saat ini pelanggan Telkomsel di wilayah Bali Nusra dilayani lebih dari 3.000 base transceiver station (BTS), termasuk di antaranya 850 Node B (BTS 3G) untuk memaksimalkan kualitas layanan data. (IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013