Gianyar (Antara Bali) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengeluhkan faktor kebersihan, terutama kamar kecil (toilet), di Pasar Seni Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Dalam kunjungannya ke pasar yang menjual aneka kerajinan seni itu, Senin, Menteri juga tidak puas dengan penataan parkir kendaraan bermotor.

"Tolong perhatikan juga masalah sanitasi, penataan parkir, dan tanaman di sekitarnya," kata Gita Wirjawan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar I Wayan Sumba menjelaskan bahwa Pasar Sukawati yang diresmikan pada 25 Mei 1985 saat ini ditempati 792 pedagang yang terbagi dalam tiga blok bangunan berlantai dua.

Ia mengakui bahwa permasalahan utama di Pasar Sukawati itu adalah kebersihan, ketertiban, dan daya tampung areal parkir kendaraan bermotor sehingga sering kali mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di ruas Denpasar-Gianyar.

"Karena itu kami memohon bantuan kepada Bapak Menteri untuk mengatasi persoalan tersebut," kata Suamba.

Dari Pasar Sukawati, Menteri melanjutkan kunjungannya ke Pasar Yadnya, Kecamatan Blahbatuh. Bupati Gianyar Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjelaskan bahwa Pasar Yadnya masih dalam proses renovasi dan diharapkan rampung pada 2013. (IPA/M038/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012