Bogor (Antara Bali) - Guru besar Institut Pertanian Bogor Prof Retno D Soejoedono menemukan telur "Immunoglobulin Y" (Ig Y), bisa digunakan untuk memproduksi antibodi.

"Telur ini memiliki khasiat anti terhadap berbagai macam penyakit, di antaranya adalah penyakit flu burung, antitetanus dan antidiare," katanya di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Ia menjelaskan, telur ayam yang dapat dijadikan sebagai pabrik biologis yang bisa digunakan untuk memproduksi antibodi, juga dapat digunakan sebagai imunoterapi (imunisasi masif).

Retno D Soejoedono, ahli Kedokteran Hewan IPB itu melakukan uji coba pada telur, didasari karena telur ayam memegang peranan penting dan strategis dalam menopang kesehatan masyarakat.

Apalagi, telur ayam merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi, murah, mudah disimpan dan diolah serta terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain itu, menurut dia, juga sejalan dengan isu "animal welfare".

Hasil karya ciptanya itu, saat ini dalam proses tahap dipatenkan. Ia  berharap karyanya dapat segera diaplikasikan pada kalangan industri, bahkan usaha ternak skala kecil. (*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012