Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Bupati Karangasem I Gede Dana melakukan Persembahyangan di Pura Andakasa, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, dengan upacara  Wana Kerthi memperingati Hari Tumpek Wariga (tumpek pengunduh/tumpek ngatag), Sabtu (8/7/2023).

Pelaksanaan perayaan  Tumpek Wariga ini merupakan wujud ajaran Tri Hita Karana (tiga hubungan harmonis penyebab kebahagiaan), yaitu hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, hubungan harmonis antara manusia dengan manusia serta hubungan harmonis manusia dengan alam (tumbuh-tumbuhan). Makna terpenting dari perayaan Tumpek Wariga adalah rasa terima kasih yang sangat dalam terhadap kekayaan alam yang melimpah ruah. Semua puja dan puji dilantunkan para pendeta, pemangku atau pemimpin upacara penuh dengan intisari terima kasih terhadap alam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Provinsi Bali serta beberapa pejabat dan staf Provinsi Bali, Sekda Kab. Karangasem beserta jajarannya. Usai persembayangn bersama Gubernur Bali bersama Bupati Karangasem melakukan penanaman beberapa pohon upakara yang di tanam di area pura Luhur Andakasa.

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023