Kendari (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, mulai membangun dermaga khusus atau marina untuk melayani wisatawan terutama pencinta alam bahari yang ingin membawa kapal mewah sendiri ke daerah tujuan wisata itu.

"Isnya Allah, pembangunan dermaga pelabuhan kapal mewah khusus untuk wisatawan itu sudah bisa rampung dan dapat digunakan tahun depan ketika para peserta Sail Komodo 2013 singgah berlabuh di Wakatobi," kata Bupati Wakatobi Hugua di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, Pemkab Wakatobi membangun pelabuhan kapal mewah tersebut menjawab keluhan paa wisatawan bahari yang pernah ke Wakatobi.

Pada setiap kesempatan berkunjung di Wakatobi kata dia para wisatawan yang membawa kapal sendiri, tidak dapat sandar di pelabuhan umum, karena khawatir kapal mereka berbenturan dengan kapal lain yang bisa menyebabkan cat kapal tergores atau rusak.

"Keberadaan dermaga pelabuhan khusus kapal mewah ini, akan memberi kontrbusi besar bagi pendapatan asli daerah Kabupaten Wakatobi, karena setiap kapal yang berlabuh, akan dipungut retribusi sekitar 50 dollar Amerika per hari," katanya.

Menurut Hugua, selama ini bekerbadaan fasilitas marina di daerah kepulauan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab kurangnya minat wisatawan bahari terutama para penyelam yang ingin membawa kapal sendiri untuk berkunjung ke Wakatobi.(*/DWA)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012