PT Satria Trans Jaya selaku operator bus Trans Metro Dewata di Bali memprediksi objek wisata Monkey Forest akan menjadi pilihan wisatawan untuk berwisata saat musim libur lebaran 2023.

Manajer PT Satria Trans Jaya I Gede Gunawan di Kabupaten Badung, Selasa mengatakan pengguna layanan bus tersebut baik warga lokal maupun wisatawan domestik akan memilih tujuan objek wisata Monkey Forest karena berada langsung di Koridor IV Bus Trans Metro Dewata.

"Perkiraan saya yang ke Monkey Forest akan ada peningkatan, tapi belum tahu pasti. Tahun lalu Monkey Forest saja, kalau Pantai Matahari Terbit macet susah orang masuk," kata I Gede Gunawan.

Selain alasan kemacetan yang akan terjadi karena banyaknya wisatawan, dari 316 titik pemberhentian dalam lima koridor Bus Trans Metro Dewata, Monkey Forest merupakan satu-satunya objek wisata yang dilalui tepat di koridor bus tersebut.

"Namun masyarakat maupun wisatawan dapat menaiki koridor lainnya untuk kemudian mencari titik temu sesuai rute," kata dia.

Gunawan mengatakan, meskipun setiap musim lebaran Bali terkenal sepi karena banyak yang melaksanakan mudik sejak H-7 Idul Fitri, tak sedikit dari wisatawan domestik maupun warga asli yang justru memanfaatkan untuk berwisata.

"Kebanyakan (pengguna Bus Trans Metro Dewata ke Monkey Forest) dari orang-orang kita Bali dan luar Bali. Ada yang datang pakai pesawat dan naik bus dari bandara ke GOR Ngurah Rai lalu ke Monkey Forest," jelas Gunawan.

Umumnya, kata dia, penambahan keterisian bus akan nampak tepat di Hari Idul Fitri atau hari kedua dengan didominasi warga Indonesia.

Angkutan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan itu beroperasi di Pulau Dewata sejak pukul 4.30 Wita hingga keberangkatan terakhir pukul 19.00 Wita atau selambat-lambatnya pukul 21.00 Wita, dengan tarif Rp4.400 per sekali naik.

Kepada calon wisatawan, Gunawan berpesan agar memanfaatkan fasilitas Bus Trans Metro, karena saat ini akses dan konektivitasnya semakin lengkap sehingga dapat ke mana saja dengan kendaraan umum tersebut.

"Kalau ada niat atau minat berwisata bisa dengan bus trans di koridor IV dari GOR Ngurah Rai menuju Monkey Forest atau dari Terminal Ubung dengan koridor III ke Pantai Matahari Terbit atau dari Sentral Parkir ke Jimbaran karena disana kan masih ada tempat wisata," ungkapnya.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023