Yogyakarta (Antara Bali) - Jalan Malioboro yang menjadi ikon wisata Kota Yogyakarta dan kini dalam proses revitalisasi akan dilengkapi dengan "closed circuit television" sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada wisatawan.

"Rencananya, akan ada tujuh titik pemasangan 'closed circuit television' (CCTV) itu. Pada tahap awal, akan dipasang di lokasi yang bisa memantau ujung utara Jalan Malioboro hingga simpang Jalan Dagen," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Syarif Teguh di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, CCTV yang akan dipasang di sepanjang Jalan Malioboro tersebut memiliki kelebihan yaitu mampu merekam ke arah bawah sehingga jangkauan pemantauannya bisa lebih luas.

Biaya pengadaan CCTV di Jalan Malioboro tersebut mencapai Rp90 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Yogyakarta 2012 yang baru saja disahkan.

Syarif mengatakan, dengan pemasangan CCTV tersebut diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada wisatawan seperti memantau parkir, atau kegiatan lain yang sedang digelar di Malioboro.

Selain memasang CCTV, UPT Malioboro juga akan menyempurnakan studio radio komunitas di Malioboro yang menempati salah satu ruangan di kantor UPT tersebut.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012