Denpasar (Antara Bali) - Dua bunga bangkai jenis langka kembali muncul dan tumbuh kerdil di pekarangan milik Made Suarjana di Banjar Sema, kawasan wisata Payangan, Kabupaten Gianyar, 35 km timur laut Denpasar.

Bunga bangkai yang tumbuh kerdil itu, seperti dilaporkan Kamis, satu diantaranya belum mekar, muncul sejak tiga hari lalu dan diperkirakan akan mekar antara Sabtu atau Minggu mendatang.

Bunga yang satu lagi sudah kelihatan rusak karena tumbuhnya lebih duluan namun tidak ada yang mengetahuinya, tutur Made Suarjana sambil menunjukkan bunga tersebut.

Bunga yang sudah rusak tumbuh di semak-semak, jaraknya sekitar 25 meter dari yang baru tumbuh. Bunga yang masih dalam keadaan kuncup tingginya sekitar 25 Cm, padahal bunga yang tumbuh di tempat yang sama setahun lalu setinggi 45 cm dan lebar sekitar 25 cm.

Bunga bangkai kali ini walau pun mekar lebarnya lebih kecil, mungkin akibat masih dalam musim kemarau, tutur Made Suarjana.

Bunga jenis langka yang masih kuncup itu sudah menyebarkan bau busuk, kurang mendapat perhatian, akibat masyarakat tidak memperhatikannya.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012