Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali berharap adanya peningkatan hubungan kerja sama dengan India terkait banyaknya persamaan kebudayaan.

"Banyak warga Bali yang datang ke India untuk berwisata religius. Sebaliknya kunjungan turis India ke sini juga makin meningkat," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat menerima kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia dan ASEAN Gurjit Singh di Denpasar, Selasa.

Dalam kesempatan itu Duta Besar juga didampingi oleh Konjen India di Bali AS Takhi dan Kapten Kapal Latih India N Shyam Sundar dan krunya yang tengah berlabuh di Pulau Dewata.

Pastika menyebut, selain turis umum, Pulau Dewata juga banyak dikunjungi yogi (tokoh suci) dari India, sehingga harapannya hubungan kerja sama Bali dengan India bisa ditingkatkan.

Sementara itu, Gurjit Singh banyak mengurai tentang kerja sama Bali dengan India yang telah terjalin dengan sangat baik. Hal ini tak terlepas dari banyaknya kesamaan budaya Bali dan India yang mendapat pengaruh Hindu. "Di Bali saya merasa seperti di rumah sendiri," katanya.

Ia menambahkan pertukaran turis India dan Bali belakangan juga makin meningkat sehingga pihaknya menginginkan adanya penerbangan langsung dari India ke Indonesia. "Harapan kami, penerbangan langsung itu bisa terealisasi pada 2013 mengingat negara kami telah memiliki perjanjian bilateral," katanya.

Masih terkait peningkatan kerja sama tersebut, Gurjit Singh juga menyampaikan sejumlah kegiatan yang digelar Kedubes India, yakni Seminar Bisnis India-ASEAN, Seminar Kebudayaan di Universitas Udayana dan Pertunjukan Tari Klasik India.(LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012