Telkomsel menghadirkan program NextDev 2022 dengan mengusung tema “Revitalizing Economy Through Digital Innovation” untuk memperkuat fundamental startup digital anak-anak muda yang memiliki ketertarikan dan kesungguhan merintis usaha rintisan.
 
Nextdev sendiri merupakan program CSR atau tanggung jawab sosial industri unggulan Telkomsel untuk membantu mengembangkan perusahaan rintisan tahap awal di Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi di sektor digital untuk dapat berkembang secara berkelanjutan.
 
General Manager Consumer Sales Region Bali Nusra Nur Hidayat Dwi Santoso di Denpasar, Kamis, mengatakan Telkomsel melalui NextDev 2022 hadir sebagai wadah bagi para pelaku atau perusahaan yang merintis ditahap awal dan para talenta digital agar bisa bersama-sama meningkatkan kapabilitas, kompetensi dan potensi diri mereka.
 
Dia mengatakan dengan mengikuti program NextDev tersebut anak-anak muda pelaku perintis usaha rintisan digital dibantu untuk mengembangkan solusi inovatif berbasis digital.
 
Dia menjelaskan sejak dihadirkan pada tahun 2015, NextDev telah memantapkan posisinya sebagai program CSR unggulan Telkomsel untuk membantu mengembangkan perusahaan rintisan tahap awal di Indonesia dalam meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan potensi di sektor digital.

Baca juga: Telkomsel pastikan kesiapan akses jaringan untuk G20
 
Sebagai upaya dalam mempertegas komitmen tersebut, Telkomsel terus melakukan evaluasi berkelanjutan guna memberikan dukungan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan usaha rintisan terkini seperti salah satu transformasi yang dilakukan yaitu mengubah fokus pada tahun ini untuk membenahi fundamental yaitu dengan lebih meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam menjalankan bisnis digital yang tepat serta adaptif terhadap perubahan.
 
Pada tahun ini, NextDev membuka peluang bagi startup digital di sektor game and gaming platform, health and education, Tourism and Creative Economy, serta Green and Clean Tech untuk ambil bagian dalam meningkatkan fundamental bisnisnya.
 
Sementara itu, I Gede Merta Yoga Pratama, Founder Fishgo yang berkembang dengan startup digital miliknya terlebih dahulu mengikuti program NextDev Telkomsel tahun 2018.
 
Berkat pendampingan para para pelatih yang berkompeten dalam bidang startup digital, pria jebolan jurusan perikanan tersebut merasakan manfaatnya dimana banyak nelayan di Bali khususnya di Badung, Bali telah memakai aplikasi Fishgo rintisannya.

Baca juga: Smesco gelar "Telkomsel Pasar Nusa Dua" untuk dukung sektor UKM
 
Dengan bantuan aplikasi Fishgo, tangkapan ikan para nelayan mengalami peningkatan dan memudahkan pemetaan terhadap keberadaan ikan. Bahkan pemerintah Kabupaten Badung sendiri telah beberapa kali merekomendasikan aplikasi Fishgo kepada para nelayan untuk meningkatkan produktivitas tangkapan ikan.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022