Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor ponsel pintar (smartphone) yang diproduksi PT Samsung Electronic Indonesia di Cikarang Utara, Jawa Barat, ke Singapura.

"Presiden Joko Widodo mengarahkan kepada kami untuk bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan ekspor. Salah satunya dengan Samsung, kami hadir melepas ekspor sebagai bentuk dukungan dari pemerintah," kata Mendag di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis. 

Mendag menyampaikan Samsung telah mengekspor sebanyak 8 juta unit produknya ke beberapa negara sejak 2018 hingga kuartal III tahun ini.

Baca juga: Mendag pimpin misi dagang ke Qatar untuk tingkatkan ekspor

Adapun produk yang diproduksi di Cikarang Utara diperuntukkan bagi 70 persen pasar domestik dan 30 persen pasar ekspor, baik ke Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Mendag memaparkan sektor elektronik menjadi kontributor ekspor ke empat terbesar Indonesia.
 

Sementara itu Presiden Direktur PT Samsung Electronic Indonesia Simon Lee menyampaikan Samsung berkomitmen untuk menanamkan investasinya di Indonesia dan terus meningkatkan kapasitas produksi.

"Kami telah memulai untuk mengekspor ponsel pintar Samsung ke beberapa negara. Ini  kontribusi kami dalam meningkatkan ekspor  Indonesia," ujar  Lee.



 


 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022