Denpasar (Antara Bali) - Untuk pertamakalinya layanan transaksi digital Telkomsel Cash atau T-Cash diterapkan untuk transaksi pembayaran sarana akomodasi Fave Hotel yang dikelola manajemen Aston International di Denpasar, Bali.


Dimulainya layanan transaksi T-Cash untuk pembayaran jasa hotel yang pertama di Indonesia itu ditandai penandatanganan naskah kesepakatan antara pihak Telkomsel Cabang Denpasar dengan pihak Fave Hotel Denpasar, Jumat petang.


Menurut GM Network Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Rahmat Novalianto, kerja sama tersebut merupakan salah upaya untuk lebih memperkenalkan cara pembayaran digital melalui mobile wallet T-Cash.


Masyarakat, khususnya turis atau tamu yang menginap di Fave Hotel, bisa lebih mudah, aman dan nyaman dalam menyelesaikan transaksi pembayaran, katanya seraya berharap pelanggan Telkomsel dan mereka yang sedang berlibur di Bali, memanfaatkan fasilitas transaksi digital tersebut.


Sejak diluncurkan secara nasional dua tahun lalu, jumlah pengguna maupun angka transaksi T-Cash mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kini tercatat sekitar 60.000 pengguna T-Cash dan di Bali terdapat 60 pusat layanan setoran uang (cash-in).


Masyarakat Bali memiliki kesempatan yang sama besar dengan daerah lain untuk maju dalam hal digitalisasi transaksi elektronik. "Untuk itulah kami mengajak semua pihak, baik pemerintah, swasta, industri pariwisata, para pengusaha, dan masyarakat luas mendukung program ini," harap Noval.


Presiden Direktur Imperial Group, Fave Hotel dan Haaven Coffee Denpasar, Samuel Kristianto Luan, mengaku bangga dan bersyukur mendapat kepercayaan sebagai hotel pertama di Indonesia yang bekerjasama memanfaatkan layanan pembayaran melalui T-Cash.


"Kami berharap langkah maju memanfaatkan layanan pembayaran digital ini menjadi contoh bagi industri pariwisata di Bali dan Indonesia," ucapnya.


Menurut dia, pelanggan Telkomsel yang menginap di Superior Room Fave Hotel akan mendapatkan harga khusus Rp368.000,- nett/malam dan Rp325.000,- nett/malam (room only). Selain itu mendapat potongan harga 25% untuk pembelian makanan dan minuman di Haaven Coffee hingga periode 30 Juni 2010.


Cara pembayaran di Fave Hotel dan Haaven Coffee melalui T-Cash bagi pengguna kartuHALO, simPATI, dan kartu As diawali registrasi sebagai pengguna T-Cash.


Pelanggan Telkomsel dapat mengakses *828# atau aktivasi melalui SMS ketik REG TCash Nama#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung dan kirim ke 2828. Telkomsel akan mengirimkan SMS notifikasi PIN kepada pelanggan.


Selanjutnya pelanggan mengisi dompet T-Cash dengan melakukan setoran di pusat-pusat layanan atau merchant seperti di GraPARI Denpasar, geraiHALO dan Indomaret. Ke depan, setoran bisa dilakukan via transfer (top up dari rekening pelanggan) melalui layanan mobile banking atau bank.


Setelah registrasi dan melakukan setoran, ponsel pelanggan bisa berfungsi layaknya dompet T-Cash yang berisi uang dan siap digunakan untuk melakukan berbagai transaksi.


Misalnya pembayaran di Indo Go Bali, pondokiklan.com, tokobagus.com, Melia Laundry, dan Cyberhut, kemudian untuk cash in-cash out, top-up pulsa, pembayaran kartuHALO, zakat-infaq dengan DSM Bali serta pembelian konten akademis seperti yang telah terimplementasi di ITB dan ITS.


Untuk melakukan transaksi pembayaran di Fave Hotel Denpasar, pelanggan yang telah mengisi dompet T-Cash cukup mengirimkan SMS, ketik: Pay081337883864PIN kirim ke 2828.


Sedangkan untuk transaksi pembayaran di Haaven Coffee pelanggan SMS, ketik: Pay081337883860PIN kirim ke 2828.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2009