Bandar Seri Begawan (Antara Bali) - Rakyat Brunei Darussalam dan warga negara Indonesia di negara kecil dan kaya minyak itu makin mudah mencari produk buatan Indonesia, seperti berbagai jenis makanan dan minuman.

Menurut riset pasar dan survei produk 2011 jumlah produk itu hampir 3.500 jenis atau hampir tiga kali jumlah produk yang beredar setahun sebelumnya.

"Untuk mengetahui potensi ekspor produk Indonesia ke Brunei Darussalam, KBRI melakukan survei produk dan riset pasar. Kami menemukan jumlah produk Indonesia yang dipasarkan di Brunei naik dari tahun ke tahun," kata Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Handriyo Kusumo Priyo dalam perbincangan dengan ANTARA di Bandar Seri Begawan, Jumat.

Dubes menjelaskan, berdasarkan hasil survei produk dan riset pasar pada 2010, misalnya, produk Indonesia yang beredar di Brunei  berjumlah 1.261 jenis dan jumlahnya naik tajam menjadi 3.497 jenis pada 2011.

Dubes yang didampingi Counsellor Andri Djufri Said dan Sekretaris I Deny Tri Basuki mengatakan peningkatan masuknya produk Indonesia khususnya makanan dan minuman dapat menjadi peluang di masa depan dalam meningkatkan ekspor Indonesia ke Brunei.

Sejumlah produk mie instan, kopi dan beberapa jenis makanan khas daerah termasuk yang paling digemari di negara yang berpenduduk hampir 500.000 jiwa ini.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012