Hujan berpotensi turun di sejumlah daerah di Indonesia, mulai dari hujan lebat sampai ringan disertai angin kencang dan kilat pada hari ini, demikian ramalan cuaca dari BMKG.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk mengantisipasi dari prakiraan cuaca hari ini.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG yang diakses dari Jakarta, Selasa, potensi hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar daerah cerah berawan

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di Riau, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur. Sementara Kalimantan Utara dapat mengalami angin kencang pada hari ini.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan petir berpotensi turun di Jakarta Barat pada siang hari, dan hujan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Jakarta Selatan serta Jakarta Timur pada rentang waktu yang sama.

Sementara itu, hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari serta Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di sejumlah wilayah

Hujan lebat dan berpotensi menimbulkan banjir diramalkan dapat terjadi di berbagai daerah yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Sedangkan beberapa daerah yang masuk kategori waspada juga berlaku pada hari ini untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022