Washington (Antara Bali) - Penjualan global komputer tablet tahun ini diperkirakan melonjak menjadi 126,6 juta, didorong oleh produk iPad dan saingan dengan format yang lebih kecil, demikian hasil survei sebuah perusahaan riset pasar.

Survei oleh IHS iSuppli memperkirakan kenaikan tahunan yang kuat mencapai 56 persen dalam pengiriman (pengapalan) untuk pasar tablet pada 2012, dari 82,1 juta unit tahun 2011. "Media tablet layar kecil dan menengah semakin menjadi pendorong pertumbuhan terbesar di pasar," kata analis IHS, Vinita Jakhanwal.

Segmen sembilan inci yang didominasi oleh produk iPad tahun ini diperkirakan akan membukukan mayoritas dari pengiriman layar tablet. Sementara Layar 7.x-inch yang digunakan dalam produk seperti Galaxy Tab dari Samsung Electronics, Kindle Fire dari Amazon, Tablet Nook dari Barnes & Noble, dan produk tablet lainnya yang menggunakan sistem operasi Google Android, diperkirakan tumbuh paling cepat.

Laporan ABI Research bulan lalu telah meningkatkan perkiraan perusahaan itu dalam penjualan tablet menjadi lebih dari 100 juta.

IHS mengatakan 59 persen dari semua tablet akan berada dalam bentuk yang lebih besar dan produk iPad menjadi pemimpinnya. Pertumbuhan di segmen ini diperkirakan naik 35 persen dari 55,2 juta unit pada 2011.

Di segmen tujuh-inci, produk Apple yang diharapkan masuk akhir tahun ini, penjualannya diperkirakan hampir dua kali lipat dari 20,8 juta unit tahun lalu.

Di antara produsen layar LCD yang digunakan dalam tablet, LG dan Samsung Korea Selatan mendominasi pasar masing-masing dengan 42 persen dan 38 persen pangsa pasar pengiriman, kata IHS. Keduanya adalah pemasok Apple.

Selain memasok Apple, LG juga melengkapi panel display ke Amazon dan Barnes & Noble, sementara Samsung menyediakan panel untuk divisi tablet internal.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012