Denpasar (Antara Bali) - Universitas Udayana berhasil meraih bintang empat untuk kategori keterserapan lulusan alumninya yang dinilai oleh QS Star, sebuah lembaga internasional penilai perguruan tinggi di seluruh dunia.

"QS Star menilai keseluruhan akademik. Untuk kategori alumni, lulusan kita yang mendapat pekerjaan mendapat empat bintang," kata Rektor Universitas Udayana, Prof Dr I Made Bakta  di Denpasar, Minggu.

Ia menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatan "Funbike" atau sepeda gembira sebagai salah satu rangkaian menyambut 50 tahun atau HUT Emas Unud yang dijadikan tonggak penerapan paradigma baru yang inovatif dan kreatif.

Menurut dia, selain penilaian alumnus, Unud juga memperoleh bintang dua untuk kategori program internasional, demikian pula mengenai seluruh proses akademik, juga telah mengantongi bintang.

Badan pendidikan yang berkedudukan di Toronto, Kanada itu, juga menempatkan universitas tertua di Bali itu pada jajaran top 300 Asian University. "Kami juga masuk ke jajaran top 300 universitas di Asia yakni pada posisi 291 dari 10 ribu universitas di dunia," ujar Bakta.

Selain Unud, tujuh universitas di Tanah Air juga masuk, di antaranya Universitas Indoensia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012