Pemerintah Kota Denpasar, Bali bersinergi dengan PT Taspen bersinergi melakukan sosialisasi penerapan sistem informasi manajemen gaji (Simgaji) kepada aparat sipil negara atau ASN.

"Di era digitalisasi maka ASN di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dituntut untuk selalu berupaya mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara optimal, termasuk juga kepekaan terhadap simgaji," kata Wakil Wali KOta Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa di sela sosialisasi Simgaji berbasis website di Denpasar, Selasa.

Baca juga: Pemkot Denpasar luncurkan aplikasi bayar pajak digital "Pagi Denpasar"

"Simgaji adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan data gaji ASN dan non-ASN di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota," katanya.

Ia menyebutkan, aplikasi Simgaji ini merupakan salah satu bentuk kepedulianTaspen kepada pemerintah daerah dalam hal pengelolaan gaji ASN, yang meliputi pembuatan dan pencetakan daftar gaji bulanan dan rapel gaji, mutasi gaji, pangkat/golongan, atau mutasi karena perubahan data pegawai lainnya.

Ia mengatakan aplikasi Simgaji juga dapat mengetahui PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP), sehingga pembuatan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran Gaji (SKPP) dapat segera dilaksanakan.

Dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, pelayanan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar dapat terlaksana dengan baik. Di samping itu, Taspen memiliki program program yang diharapkan dapat membantu ASN dalam mempersiapkan diri memasuki purna tugas.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Taspen yang telah memberikan sosialisasi dan sekaligus memberikan penghargaan kepada 10 orang agen perubahan 'Sang Sewakadarma', dan kami mengharapkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik dapat dilanjutkan dan ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ASN Pemkot Denpasar," ujarnya.

Baca juga: Wamen LH dukung peluncuran aplikasi "Borneopedia" di Bali

Sementara Branch Manager PT Taspen Persero KC Denpasar, Tribuna Phitera Djaja mengatakan Simgaji adalah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan data gaji ASN dan non-ASN di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota.

Tribuna Phitera mengatakan tujuan aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengelolaan data secara benar, akurat dan efektif sesuai ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap penggajian ASN. Aplikasi Simgaji Web dapat diakses secara mobile dan dapat terintegrasi dengan aplikasi unit kerja lainnya untuk dapat menyajikan data secara akurat, tepat dan terkini.

Tribuna lebih lanjut mengatakan dengan adanya sistem tersebut, maka PT Taspen tidak saja melayani pegawai yang sudah memasuki masa pensiun, tetapi juga seluruh pegawai yang masih aktif.

"Jadi kelebihan dari program kerja sama ini adalah pegawai yang aktif ketika akan memasuki pensiun tidak lagi kesulitan untuk di data atau diberikan pelayanan pensiunannya, karena semua datanya sudah ada dalam aplikasi Simgaji tersebut," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022